Tips berbisnis kaos distro yang kekinian

Kaos distro calong

Apakah anda telah memiliki ide berbisnis baju distro namun masih bertanya “bagaimana cara membuat desain sablon kaos distronya?”.

Kami mengerti masalah anda, namun setelah anda membaca artikel ini, itu bukan lagi masalah yang serius bagi anda.

Adakah cara cepat membuat desain kaos distro?

ada tapi terlalu biasa : Desain gambar artwork se-adanya tanpa ada perbandingan, variasi desain dan revisi.

Tidak perlu terburu-buru menetapkan bahwa desain yang anda buat telah siap, kembangkan beberapa konsep dan variasi, buat desain simpel namun detail.

Sebaiknya perbandingkan desain dengan genre sejenis

Bila perlu tambahkan beberapa elemen/efek agar desain lebih menarik, dan revisi sampai desain benar-benar siap dicetak. (sesuai konsep yang akan dijelaskan dibawah),

Minimal desain yang anda rancang “menjual”.



Tidak ada cara cepat membuat mahakarya terbaik, namun ada cara pintar menghasilkan desain yang unik, original dan tentunya di beli.

Desain yang menarik, akan melahirkan produk lainnya, bukan kaos saja , desain anda layak dicetak pada media seperti poster, kantong, sticker, buku, wallpaper dsb

Bahkan apabila ada perusahaan yang berniat menggunakan desain anda pada produk mereka, anda akan mendapatkan royalti.

dan yang terakhir anda telah menciptakan Ekonomi Kreatif.

Fakta : desain kaos paling mempengaruhi penjualan kaos distro.

Anda mengunjungi toko distro kaos di kota anda, anda berjalan masuk dan melihat-lihat pakaian yang bergantungan pada hanger, secara perlahan anda melihat lebih dalam satu persatu desain tersebut dengan menyentuh, merasakan dan jika desainnya cukup menarik, anda sesekali mencoba mencocokan di badan.

Apabila anda telah 100% cocok dengan desainnya, anda melihat tag harga, selanjutnya anda akan mencoba ukuran kaos di ruang pas,


Apabila desain kaos sesuai, anda akan membeli kaos distronya saat itu juga.



Apakah anda pernah mengalaminya?

Khusus kaos bergambar/tulisan, desain kaos merupakan ukuran bahwa kaos yang anda jual menarik atau tidak dimata calon pembeli, desain kaos menciptakan kesan pertama, setelah itu calon pembeli akan :

  • Mencocokan dirinya dengan kaos yang akan dibeli.
  • Memeriksa kualitas bagus/tidak kaos-nya.
  • Memeriksa tag harga kaosnya.
  • Cocok akhirnya membeli.

    Dengan fakta diatas sudah semestinya desain yang dibuat untuk kaos distro semaksimal mungkin, diolah secara detail dan bersahabat untuk calon pembeli anda, agar produk sablon kaos yang anda produksi laku keras di toko atau online shop anda.

    Konsep ini untuk membantu anda mempertimbangkan dengan baik desain yang akan disablon, mengenai kualitas sablon dan kualitas bahan telah kami berikan yang terbaik untuk anda, namun apabila desain anda tidak memenuhi keinginan calon pembeli anda? ….

    note : Supaya bahasan lebih kuat, kami hanya fokus pada cara membuat desain kaos distro genre typography/font.


Rahasia Menciptakan Ide Desain kaos yang Menjual

Umumnya anda membuat pernyataan sendiri, desain ini bagus, desain ini keren. ganti pernyataan itu dengan pertanyaan ini :


Desain kaos seperti apa yang ingin dan pasti dibeli?

Kaos distro Calong

Ide desain dipicu 3 pertanyaan mendasar mengenai calon pembeli anda. sedikitnya anda harus tahu tentang calon pembeli.

ini rahasianya :

  • Siapa mereka yang akan membeli kaos distro anda?

Siswa SD,SMP,SMA, karyawan kantor atau Mahasiswa, buat sedetail mungkin target pasar anda, fokus agar desain yang diciptakan sesuai dengan target.

  • Desain seperti apa yang mereka sukai?

Anda tidak perlu melakukan riset yang rumit untuk mengetahui apa yang mereka sukai, apabila target pasar anak muda, riset sederhana dapat dilakukan dengan nongkrong di mall, caffe, bioskop.

Luangkan sedikit waktu melihat-lihat kaos apa yang orang lain kenakan, dan perhatikan desain bajunya, bayangkan anda adalah orang tersebut dan tanyakan pada diri sendiri:

” mengapa saya membeli kaos ini?” “mengapa saya menyukai desain kaos ini?“.

dua pertanyaan tersebut akan membentuk kepingan ide yang akan dikembangkan pada saat membuat desain kaos distro anda.

  • Brand/Label lain apa yang konsumen anda sukai?

Lakukan perbandingan, brand /label apa yang konsumen anda sukai?, telusuri brand tersebut, pelajari pola desain baju distronya, bukan untuk menyamaratakan konsep dengan label/brand yang mereka sukai,

Kami yakin Anda bisa lebih baik dari itu, perkuat konsep desain, olah desain dengan metode di visualisasi desain.

Ok anda telah mengetahui apa kelemahan dan kekurangan desain brand lain dari pengamatan sederhana anda, reflek setelah itu brand lain bukan lagi tandingan anda.

Ini karena anda bisa menciptakan ide desain yang lebih baik, lebih baru dan One Step ahead dibanding brand yang calon konsumen sukai.

Ukuran pertanyaan ketiga diatas cukup untuk menumbuhkan ide desain. setidaknya anda telah memiliki gambaran bagaimana konsep yang akan dikembangkan untuk desain/artwork anda.

Apabila Ide desain baju distro diatas telah anda pahami dengan baik, mari lanjutkan pada desain dengan gaya typography yang unik dan original, karena ini akan membuat desain anda bukan hanya bagus, tapi luar biasa efek penjualannya.

Ide – Proses Visualisasi.

Lihat tipe desain sejenis di beberapa website :

Pinterest Quotes ,Pinterest TypographyPinterest LetteringTypography Google Images Google

Lihat, rekam dan kumpulkan semua gambar desain selama tiga sampai empat hari di kepala anda.

Selama 3-4 hari (ini tergantung waktu yang anda inginkan).

Amati secara detail setiap desain yang anda lihat.

Apabila anda telah selesai fokus visualisasi desain, selanjutnya semua desain yang telah anda lihat akan di filter secara otomatis di kepala anda, hanya akan ada beberapa desain yang masih tersimpan disana.

Metode ini untuk merangsang otak kanan anda dengan visualisasi desain dan menyerap juga merekam pola gambar sebanyak-banyaknya di kepala anda, setelah itu secara tidak sadar anda akan mengkombinasikan keseluruhan hasil visual yang telah anda rekam selama 3-4hari.

Dengan demikian anda akan menghasilkan ide yang bervariasi, unik dan original dipicu dari berbagai sumber yang telah anda lihat.

Proses selanjutnya adalah meniru. bukan meniru secara mentah desain kaos yang ada, bukan juga Metode ATM : Amati, Tiru, Modifikasi. Metode ATM sedikit berbeda dari prinsip ini, yang ini pengaruhnya cukup hebat.

Tiru dari akar. tiru Mindset artist tsb, tiru motivasi artist tsb.

Kami yakin dengan konsep ini, desain kaos yang akan anda ciptakan akan lebih bagus dari desain yang pernah ada. Tiru pola pikir desainer, tiru inspirasi dibalik desain tersebut. Karena dengan begitu, anda akan menghasilkan karya desain kaos yang jauh lebih baik, dari yang ada sebelumnya.

Rumus :
Visualisasi berbagai desain + tersimpan di luar kesadaran + menyisakan Kepingan Desain + Kepribadian anda + riset 3 pertanyaan dasar = Menghasilkan Desain Unik.

Kata-kata dibawah ini kami sadur dari buku Austin Kleon Steal Like an Artist :

“Seniman yang baik menyadari bahwa tak ada yang muncul tiba-tiba.”

Semua kreasi berasal dari sesuatu yang pernah ada. Tidak ada yang 100% asli. -Austin Kleon

Artikel hanyalah sebuah artikel, berharap tidak akan pernah cukup tanpa usaha yang tekun dan latihan, The beatles tidak akan melegenda jika tanpa latihan secara bertahap pada masa muda nya.

Malcolm Gladwell dalam bukunya Outlier mengatakan anda sedikitnya perlu 10.000 jam untuk menjadi ahli dibidang yang anda tekuni. Kalau tidak dilatih dari sekarang kapan lagi?

Latih terus menerus teknik diatas, apabila anda telah siap dan paham, mari praktik-kan:

“Knowledge isn’t power until it is applied – Dale Carnegie”

Test :

  • Konsepkan minimal 20 ide desain baju.

Jangan menungu, karena waktu-tidak-akan-pernah-tepat.

Disaat ada kesempatan dan inspirasi dimana saja, kapan saja tulis dan gambar ide konsep desain anda yang melintas di kepala anda saat itu juga di kertas, handphone, laptop dsb, buat kerangka desain sebanyak banyaknya, ini untuk memicu kreatifitas anda dalam menciptakan desain baju, dan menangkap ide yang melintas hanya beberapa detik di kepala anda.

Gunakan jenis hurup yang memang sesuai dengan konsep desainnya, pilihlah typeface yang mempunyai karakter tegas dan paling banyak di download, mengapa demikian karena top download cukup mewakili bahwa type hurup tersebut banyak disukai.
Anda dapat men-download jenis jenis font secara free di web Dafont , Font2s dan Fontsquirrel
Untuk pertimbangan anda ini beberapa Typeface yang Populer : Helvetica/Bebas Neu/Avenir/Proxima dsb.
Apabila anda menyukai jenis font tapi tidak mengetahui nama font tersebut, anda bisa menggunakan WhatFontIs.com, caranya :

  • Screenshot gambar fonts
  • Edit menggunakan Photoshop atau Corel draw, buat gambar fonts lebih kontras, ini akan mudah di analisis oleh engine web tsb.
  • Simpan gambar dan upload.

Apabila satu jenis font masih kurang cukup pada desain, anda dapat menggabungkan 2-3 jenis typeface dalam satu desain contoh typeface : Serif dengan script.

Konsep menggabungkan fonts dapat dengan mudah dipelajari, anda hanya perlu mengetahui teknik mengkombinasikan font dengan baik.`

Tambahkan beberapa logo vector yang sederhana. tulis, gambar, tulis, gambar coba terus dan kumpulkan sampai 20 desain.

  • Pisahkan desain baju yang kurang potensial, jadikan 10 desain.

Pisahkan 10 konsep desain anda yang sesuai dengan 3 konsep yang telah kami bahas diatas, sisanya tidak perlu di hapus, mungkin saja sisa 10 desain lagi bisa menjadi inspirasi bagi anda dilain waktu.

Tanyakan beberapa pertanyaan : apakah kombinasi font sesuai pada desain ? apakah model typography-nya terlalu standar?, apakah ini terlalu mirip? apakah desain ini terlalu mengintimidasi?

Bila perlu tambahkan beberapa effect seperti Grunge/Vintage/Retro pada desain dan isi/masukan gambar pada tulisan anda dengan menggunakan PowerClip dalam software Corel Draw atau tidak sama sekali.

Buang warna yang tidak perlu atau terlalu colorfull,

Pisahkan dan buat sederhana namun tetap detail dan berkarakter.

  • Filter lagi menjadi 5 desain

Kami mengerti bahwa desain yang telah anda buat secara detail, rapi dan telah menghabiskan banyak waktu, namun juara terbaik hanya ada juara 1. Filter dan pisahkan kembali 10 Desain yang telah anda rancang menjadi 5 desain, fokuskan yang sesuai dengan konsep diatas.

Adopsi beberapa efek dan jenis hurup yang memang perlu dari beberapa desain yang telah dipisahkan.

Bayangkan apakah desain tersebut cocok apabila diterapkan pada kaos?

Desain simpel apabila memang sesuai dengan riset diatas, itu desain sempurna.

Apakah orang akan nyaman memakai desain seperti ini?

  • Filter jadi 1 desain kaos

Dan inilah desain anda, gabungan 20 desain terbaik ciptaan anda menjadi 1 yang terbaik. tanyakan pada anda apakah desain ini sudah unik, original dan cukup menjual?. apabila belum kembali lagi cek desain dari yang dipisahkan.

Cara pemisahan 20 desain menjadi 1 desain ini akan menghasilkan karya desain kaos yang unik dan original

Apabila anda telah menciptakannya, mari lanjutkan pada pewarnaan

Warna Dasar

Seimbangkan warna kaos dengan desain, untuk pertimbangan anda, ini beberapa warna kaos polos yang cukup banyak peminat : hitam/putih/abu misti/abu tua/biru dongker/biru benhur/merah tomato/merah marun/biru turkish/hijau army/orange.

Perpaduan Warna kaos dan Desain

Perpaduan populer :

  • Warna kaos gelap + Warna Tulisan Cerah
  • Warna kaos cerah + Warna Tulisan Gelap

Perpaduan Warna Out of The box :

  • Warna kaos gelap + warna tulisan gelap  atau Black on Black

Perpaduan yang Glamour :

  • Warna kaos hitam + desain dengan sablon emas/silver

Perpaduan Pastel :

  • Warna kaos pastel + desain hitam atau putih, atau warna artwork yang lebih terang sedikit dari warna kaosnya dan sebaliknya

Perpaduan berani/Garang:

  • Warna kaos hitam + warna artwork merah menyala.

Perpaduan Vintage :

  • Warna kaos sedang/agak gelap + warna artwork agak samar

Perpaduan diatas akan memaksimalkan artwork dan warna kaos. anda dapat mencobanya pada software Corel Draw atau Photoshop dengan mengganti ilustrasi dasar warna kaos.

Gunakan eyedropper pada software tersebut dan ambil warna aktual kaos di katalog warna kaos

Test

Perlukan di test? sebenarnya apabila anda telah mengikuti secara rinci konsep diatas itu sudah tidak perlu.

Namun jika anda penasaran dan masih belum yakin mengenai desain yang anda ciptakan, gunakan mock-up kaos realistis dan test pada sahabat anda,

katakan pada sahabat anda untuk membuat opini yang jujur mengenai desain anda, (note: opini sahabat anda kurang relevan apabila beliau bukan sasaran target pasar anda).

Atau di posting di forum-forum desain.

Kesimpulan

Desain kaos sangat penting untuk di pertimbangkan baik-baik , karena disaat calon pembeli memilih-milih desain, desain meciptakan kesan pertama bagi pembeli di toko atau online shop anda.

Tidak ada cara cepat untuk menghasilkan desain yang sempurna, tapi inilah cara pintar membuat desain baju original yang sempurna sesuai dengan harapan calon pembeli.

Giliran anda..

Jangan menunggu, karena waktu tidak akan pernah tepat. Tulis/gambar/screenshot/ inspirasi yang anda lihat, kumpulkan dan jadikan calon desain best seller kaos distro anda.

Apabila desain telah sedia, kami dapat membantu anda merealisasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *